Wednesday 16 October 2013

Anak Kos_an Pengen Pulkam

Posted by Unknown at 18:35 0 comments

Awalnya sih  judul cerita ini bakalan ku jadiin sebuah cerpen untuk lomba yang bertema  “FESTIVAL SEMARAK BULAN RAHASIA”. Tapi, berhubung aku anak kos-kosan yang di awal bulan aja udah miskin mintak ampun, gagal lah rencana itu. Jadi, untuk memenuhi hasrat yang berkobar-kobar dalam jiwaku, aku pun memutuskan untuk cuap-cuapan di blog aja.

            Next>> ini ceritanya....
Hari Sabtu tanggal 12 oktober 2013 merupakan salah satu hari bersejarah bagi anak UMM alias univeritas muhammadiyah malang. Usut punya usut, dihari itu pembukaan “Student Day” yang wajib diikuti oleh Maba dan harus menghadapi rintangan berupa jalan sehat yang menyebabkan sakit pegal linu, keram dan kesemutan, ples haus dan lapar (karena aku mengalaminya). Katanya jalan sehat tu menempuh jarak 4,5 km.  Say waw.....
Ada salah satu kabar yang sangat membahagiaan di acara ini, berhubung hari selasa tanggal 15 oktober hari raya idul adha, so pasti kelas ku diliburin sampe hari rabu. Aku nggak tau ya kelas kalian. J
Mari tinggalkan cerita Student Day.

Setelah sampai di kos >>> Jln Tirto Utomo Gang 3b
Malam hari, lebih tepatnya lagi malam mingguan ala anak kos-kosan. Banyak hal yang kami (aku, anis j dan dika) ceritakan. Mulai dari cewek cantik yang cakep, kisah masa muda kami ( masa muda = masa SMA ke bawah), and yang paling asik dikenang adalah kisah Dika jatuh dari tangga yang membawa leptop baru kebesarannya pas mati lampu.
Tok,tok,tok,,
Anis p datang membuyarkan candaan kami.  Ntah dari mana awalnya hingga kami bermain game berjudul POU. POU adalah sebuah game yang diberikan oleh HP samsung. POU sendiri memiliki banyak jenis permainan yang aku sendiri nggak tau nama setiap jenis permainan tersebut. Karena,HP ku bukan samsung coy. Double anis (j dan p) adalh korban pengguna samsung. 


                         Lia dan Dika
                               
                                 VS

                                               Anis j dan Anis p


                      dan merebutkan

 
To the point aja lah, Aku dan Dika sekubu menggunakan hp Anis p untuk melawan double Anis. Permainan dimulai dengan kehusyukan para pemainnya untuktidak tertawa. Tapi, kalo main POU nggak ketawa, sensasinya kurang mamen. Musik POU dikumandangkan dengan jelasoleh kedua hp samsung tersebut. Di tengah-tengah permainan double anis game over yang diiuti oleh aku n dika. Aku bertanya pada sang double, berapa skor kalian??? Double menjawab 594. Dengan senang dan semangat 45 aku berkata kepada dika >>> Ka kita menang, skor kita 771. Double Anis dan dika terdiam sejenak dan terawa terpingkal-pingkal. Aku heran dong yah kok tiba-tiba diketawain gitu. Eh ternyata aku salah denger, skor doube Anis 1594. Gubrakkkk,, aku langsung mengeluarkan muka masam yang diikuti tertawa mereka bertiga lagi,, Malunya. Batre abiss (permainan POU berahir).

            Bip bip bip,,
Hp anis p berdering, sang kakak menyuruhya untuk pulang makan ( kosan kakaknya anis 3 langkah dari kosan kami J ). Aku pulang dulu ye said Anis p. Serempak q,anis j n dika mengatakan Oke, ati-ati dijalan. Dengan riang gembira Anis p berlari menuruni tangga dan membuka pintu dan tiba-tiba sudah ada dihadapan kami lagi. Kami bertiga bengong dan mengatakan>> ada apa, kok balik lagi???
Anis p menjawab pintunya dikunci, bukain.
Dengan ekspresi datar dan lucu kami pun tertawa terbahak-bahak.

>>>> to be continued

Wednesday 2 October 2013

About UMM

Posted by Unknown at 07:09 0 comments
 http://www.umm.ac.id
nenashahnaz.wordpress.com


Welcome to “The White Campus” University of Muhammadiyah Malang (UMM). A leading campus with A accreditation from BAN-PT, which is very exotic, was built in the area which is suitable with the topography of hills, valleys, and rivers. The land is overgrown with lots of greenery and is split by Berantas River. The campus is green, lovely, picturesque, shady and certainly comfortable for studying.



UMM was found in 1964 in Malang, East Java, about 98 kilometers south of Surabaya. Malang is a hilly city surrounded by four mountains: Panderman, Arjuno, Kawi and Semeru. Being 550 metres above sea level, Malang has a cool climate which ranges from 23.370C – 30.010C. With these conditions, Malang is well known as a City of Flower and City of Education. Owing to these conditions, many students from other parts of Indonesia and overseas prefer to study in Malang.


UMM has three campuses in which the locations are strategic and accessible via land, air, and sea transportation. Currently, over 26.500 students from the all study programs, both domestic and foreign are studying at UMM. Our foreign students are from various countries such as Australia, Singapore, Malaysia, Saudi Arabia,East Timor, Europe, and America. The faculties at UMM are 10 faculties and 1 Postgraduate Program with the total of study programs are: 3 for Diploma Degree (D3), 34 for Bachelor Degree (S1), 7 programs at Postgraduate (S2), 2 Doctoral Programs (S3), and 2 Profession Programs.


UMM has cooperated with many parties, both with national and international institution. The in progress international relations are: Erasmus Mundus, ACICIS, Peace Corps America, BGP Engineering Netherland, AMINEF, AIESEC, EESTEC, USAID, AUSAID, American Corner, Iran Corner, etc.


As a leading private university, UMM had got admittance from external parties; those are: A accreditation from BAN-PT (2013), Two Stars from QS Star, KNAPP Accredited, Accredited from MTD Registered Public Accountants, Accredited from NQA Global Assurance, etc. Moreover, the achievements of UMM are: winning Leading Campus Award (AKU) East Java since 2008, winning AKU Kartika kopertis VII East Java as the Leading Campus in East Java, Runner Up of Adi Upaya Puritama IInd Class (for Rusunawa), Runner Up of ASEAN Energy Award, 18th rank of Indonesia Level at Webometrics (has ever got 8th rank), 5th rank of International Level at Rich Files Content webometrics, 5th rank of Indonesia Level for Repository webometrics, 19th rank of Indonesia 4icu, , rank 22 TesCa-Telkom, etc.  UMM also got an award from USA Government as the Host of Peace Corps USA starting from 2010.


            In term of facility, UMM has provided the necessary equipments either academic facility, non academic facility, public facility, and recreational facility to support students comfort in their studies. Thus, the learning-teaching and administration processes are supported by the adequate ICT facilities and management information system. As a result, the teaching-learning processes at UMM are known as being efficient, up-to-date and student friendly.


Welcome to UMM. Welcome to Digital Campus. Welcome to our website to be acquainted further with UMM. Have a good browsing in our virtual world.



http://www.umm.ac.id/page.php?lang=en&c=99

Kronologi Histori Sejarah Dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Posted by Unknown at 06:30 0 comments
http://www.umm.ac.id
nenashahnaz.wordpress.com
Kebudayaan manusia ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara cepat yang merupakan akibat peran serta pengaruh dari pemikiran filsafat Barat. Pada awal perkembangannya, yakni zaman Yunani Kuno, filsafat diidentikkan dengan ilmu pengetahuan. Maksudnya adalah antara pemikiran filsafat dan ilmu pengetahuan tidak dipisah, sehingga semua pemikiran manusia yang muncul pada zaman itu disebut filsafat. Pada abad Pertengahan, filsafat menjadi identik dengan agama, sehingga pemikiran filsafat pada zaman itu menjadi satu dengan dogma gereja. 

Pada abad ke-15 muncullah Renaissans kemudian disusul oleh Aufklaerung pada abad ke-18 yang membawa perubahan pandangan terhadap filsafat. Pada masa ini filsafat memisahkan diri dari agama, sehingga membuat orang berani mengeluarkan pendapat mereka tanpa takut akan dikenai hukuman oleh pihak gereja. Filsafat zaman modern tetap sekuler seperti zaman Renaissans, yang membedakan adalah pada zaman ini ilmu pengetahuan berpisah dari filsafat dan mulai berkembang menjadi beberapa cabang yang terjadi dengan cepat. Bahkan pada abad ke-20, ilmu pengetahuan, mulai berkembang menjadi berbagai spesialisasi dan sub-spesialisasi.

Ilmu pengetahuan pada awalnya merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk mengetahui keadaan lingkungan disekitanya. Selain itu, ilmu pengetahuan juga diciptakan untuk dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Pada abad ke-20 dan menjelang abad ke-21, ilmu telah menjadi sesuatu yang substantif yang menguasai kehidupan manusia. Namun, tak hanya itu, ilmu pengetahuan yang sudah berkembang sedemikian pesat juga telah menimbulkan berbagai krisis kemanusiaan dalam kehidupan. Hal ini didorong oleh kecenderungan pemecahan masalah kemanusiaan yang lebih banyak bersifsat sektoral. Salah satu upaya untuk menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan yang semakin kompleks tersebut ialah dengan mempelajari perkembangan pemikiran filsafat.

Perkembangan filsafat Barat dibagi menjadi beberapa periodesasi yang didasarkan atas ciri yang dominan pada zaman tersebut. Periode-periode tersebut adalah :

1. Zaman Yunani Kuno (Abad 6SM-6M)
Ciri pemikirannya adalah kosmosentris, yakni mempertanyakan asal usul alam semesta dan jagad raya sebagai salah satu upaya untuk menemukan asal mula (arche) yang merupakan unsur awal terjadinya gejala. Dan beberapa tokoh filosof pada zaman ini menyatakan pendapatnya tentang arche, antara lain :

·  Thales (640- 550 SM)             :  arche berupa air
·  Anaximander (611-545 SM)   :  arche berupa apeiron (sesuatu yang tidak terbatas)
·  Anaximenes (588-524 SM)     :  arche berupa udara
·  Phytagoras (580-500 SM)       :  arche dapat diterangkan atas dasar bilangan-bilangan.

Selain keempat tokoh di atas ada dua filosof, yakni Herakleitos (540-475 SM) dan Parmindes (540-475 SM) yang mempertanyakan apakah realitas itu berubah, bukan menjadi sesuatu yang tetap. Pemikir Yunani lain yang merupakan salah satu yang berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan adalah Demokritos (460-370 SM) yang menegaskan bahwa realitas terdiri dari banyak unsur yang disebut dengan atom (atomos, dari a-tidak, dan tomos-terbagi). 

Selain itu, filosof yang sering dibicarakan adalah Socrates (470-399 SM) yang langsung menggunakan metode filsafat langsung dalam kehidupan sehari-hari yang dikenal dengan dialektika (dialegesthai) yang artinya bercakap-cakap.  Hal ini pula yang diteruskan oleh Plato (428-348 SM). Dan pemikiran filsafat masa ini mencapai puncaknya pada seorang Aristoteles (384-322 SM) yang mengatakan bahwa tugas utama ilmu pengetahuan adalah mencari penyebab-penyebab obyek yang diselidiki. Ia pun berpendapat bahwa tiap kejadian harus mempunyai empat sebab, antara lain penyebab material, penyebab formal, penyebab efisien dan penyebab final.

2. Zaman Pertengahan (6-16M)
Ciri pemikiran pada zaman ini ialah teosentris yang menggunakan pemikiran filsafat untuk memperkuat dogma agama Kristiani. Pada zaman ini pemikiran Eropa terkendala oleh keharusan kesesuaian dengan ajaran agama. Filsafat Agustinus (354-430) yang dipengaruhi oleh pemikiran Plato, merupakan sebuah pemikiran filsafat yang membahas mengenai keadaan ikut ambil bagian, yakni suatu pemikiran bahwa pengetahuan tentang ciptaan merupakan keadaan yang menjadi bagian dari idea-idea Tuhan. Sedangkan Thomas Aquinas (1125-1274) yang mengikuti pemikiran filsafat Aristoteles, menganut teori penciptaan dimana Tuhan menghasilkan ciptaan dari ketiadaan. Selain itu, mencipta juga berarti terus menerus menghasilkan serta memelihara ciptaan.

3. Zaman Renaissans (14-16M)
Merupakan suatu zaman yang menaruh perhatian dalam bidang seni, filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi. Zaman ini juga dikenal dengan era kembalinya kebebasan manusia dalam berpikir. Tokoh filosof zaman ini diantaranya adalah Nicolaus Copernicus (1473-1543) yang mengemukakan teori heliosentrisme, yang mana matahari merupakan pusat jagad raya. Dan Francis Bacon (1561-1626) yang menjadi perintis filsafat ilmu pengetahuan dengan ungkapannya yang terkenal “knowledge is power

4. Zaman Modern (17-19M)
Filsafat zaman ini bercorak antroposentris, yang menjadikan manusia sebagai pusat perhatian penyelidikan filsafati. Selain itu, yang menjadi topik utama ialah persoalan epistemologi.

a. Rasionalisme
Aliran ini berpendapat bahwa akal merupakan sumber pengetahuan yang memadai dan dapat dipercaya. Pengalaman hanya dipakai untuk menguatkan kebenaran pengetahuan yang telah diperoleh melalui akal. Salah satu tokohnya adalah Rene Descartes (1598-1650) yang juga merupakan pendiri filsafat modern yang dikenal dengan pernyataannya Cogito Ergo Sum (aku berpikir, maka aku ada). Metode yang digunakan Descrates disebut dengan a priori yang secara harfiah berarti berdasarkan atas adanya hal-hal yang mendahului. Maksudnya adalah dengan menggunakan metode ini manusia seakan-akan sudah mengetahui dengan pasti segala gejala yang terjadi.

b. Empirisisme
Menyatakan bahwa sumber ilmu pengetahuan adalah pengalaman, baik lahir maupun batin. Akal hanya berfungsi dan bertugas untuk mengatur dan mengolah data yang diperoleh dari pengalaman. Metode yang digunakan adalah a posteriori atau metode yang berdasarkan atas hal-hal yang terjadi pada kemudian. Dipelopori oleh Francis Bacon yang memperkenalkan metode eksperimen.

c. Kritisisme
Sebuah teori pengetahuan yang berupaya untuk menyatukan dua pandangan yang berbeda antara Rasionalisme dan Empirisme yang dipelopori oleh Immanuel Kant (1724-1804). Ia berpendapat bahwa pengetahuan merupakan hasil yang diperoleh dari adanya kerjasama antara dua komponen, yakni yang bersifat pengalaman inderawi dan cara mengolah kesan yang nantinya akan menimbulkan hubungan antara sebab dan akibat.

d. Idealisme
Berawal dari penyatuan dua Idealisme yang berbeda antara Idealisme Subyektif (Fitche) dan Idealisme Obyektif (Scelling) oleh Hegel (1770-1931) menjadi filsafat idealisme yang mutlak. Hegel berpendapat bahwa pikiran merupakan esensi dari alam dan alam ialah keseluruhan jiwa yang diobyektifkan. Asas idealisme adalah keyakinan terhadap arti dan pemikiran dalam struktur dunia yang merupakan intuisi dasar.

e. Positivisme
Didirikan oleh Auguste Comte (1798-1857) yang hanya menerima fakta-fakta yang ditemukan secara positif ilmiah. Semboyannya yang sangat dikenal adalah savoir pour prevoir, yang artinya mengetahui supaya siap untuk bertindak. Maksudnya ialah manusia harus mengetahui gejala-gejala dan hubungan-hubungan antar gejala sehingga ia dapat meramalkan apa yang akan terjadi. Filsafat ini juga dikenal dengan faham empirisisme-kritis, pengamatan dengan teori berjalan beriringan. Ia membagi masyarakat menjadi atas statika sosial dan dinamika sosial.

f. Marxisme
Pendirinya ialah Karl Marx (1818-1883) yang aliran filsafatnya merupakan perpaduan antara metode dialektika Hegel dan materialisme Feuerbach. Marx mengajarkan bahwa sejarah dijalankan oleh suatu logika tersendiri, dan motor sejarah terdiri hukum-hukum sosial ekonomis. Baginya filsafat bukan hanya tentang pengetahuan dan kehendak, melainkan tindakan, yakni melakukan sebuah perubahan, tidak hanya sekedar menafsirkan dunia. Yang perlu diubah adalah kaum protelar harus bisa mengambil alih peranan kaum borjuis dan kapitalis melalui revolusi, agar masyarakat tidak lagi tertindas.

 5. Zaman Kontemporer (Abad ke-20 dan seterusnya)
Pokok pemikirannya dikenal dengan istilah logosentris, yakni teks menjadi tema sentral diskursus para filosof. Hal ini dikarenakan ungkapan-ungkapan filsafat cenderung membingungkan dan sulit untuk dimengerti. Padahal tugas filsafat bukanlah hanya sekedar membuat pernyataan tentang suatu hal, namun juga memecahkan masalah yang timbul akibat ketidakpahaman terhadap bahasa logika, dan memberikan penjelasan yang logis atas pemikiran-pemikiran yang diungkapkan.

Pada zaman ini muncul berbagai aliran filsafat dan kebanyakan dari aliran-aliran tersebut merupakan kelanjutan dari aliran-aliran filsafat yang pernah berkembang pada zaman sebelumnya, seperti Neo-Thomisme, Neo-Marxisme, Neo-Positivisme dan sebagainya.

http://sophiascientia.wordpress.com/kronologis-historis-sejarah-dan-perkembangan-ilmu-pengetahuan/

Perkembangan IT Di Indonesia

Posted by Unknown at 06:05 0 comments
http://www.umm.ac.id
http://rennykomahriah.blogspot.com

            Seiring berkembangnya zaman, sudah tak terasa kita telah hidup di zaman yang penuh dengan kecanggihan dan semuanya serba praktis. Semua orang berlomba-lomba untuk dapat menciptakan hal yang baru dan dapat mempermudah pekerjaanya. Termasuk juga di dalamnya adalah perkembangan IT yang berkembang sangat pesat di dunia, khususnya di negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, dengan memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. informasi yang dimaksudkan adalah informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu, yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Informasi ini juga harus bernilai strategis sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Sekarang ini peranan IT dalam keidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Dengan adanya kemajuan teknologi semakin mempermudah pekerjaan manusia dan serasadunia ada di genggaman kita. Selain itu, perkembangan IT juga sangat cepat, sehingga harus selalu mengikuti perkembangannya.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi ( perangkat keras, perangkat lunak, komputer sistem jaringan, dan sistem telekomunikasi). Untuk membangun fasilitas TI, Indonesia masih sangat mengandalkan investor.

Kalau kita buat kronologi perkembangan IT di Indonesia dari zaman dulu sampai prediksi perkembangan IT di Indonesia yaitu antara lain :

1.          Teknologi Informasi generasi awal.         
       
Di Indonesia pada masa lampau, komunikasi jarak jauh dilakukan dengan surat menyurat. Meskipun belum ada sistem pos, namun system pengiriman surat telah berlangsung sejak lama. Sistem tknologi informasi di Indonesia mulai mengalami perkembangan pada tahun 1855, atau tepatnya pada tanggal 23 Oktober 1855 ketika pemerintah Hindia Belanda membuka saluran telegraf pertama di Indonesia. Sejak saat itu, telegraf mulai banyak digunakan di Indonesia.

Pada tanggal 16 Oktober 1882, jaringan telepon lokal pertama kali digunakan di Indonesia oleh pihak swasta yang mendapat izin konsesi selama 25 tahun. Sejak saat itu, mulai bermunculan perusahaan-perusahaan jaringan telepon di Indonesia. Namun, pada masa awal ini, Perusahaan-perusahaan tersebut hanya membuka hubungan telepon di kota-kota besar saja. Pada tahun 1906, pemerintah pun mengambil alih dan memonopoli semua perusahaan jaringan telepon, kecuali jaringan telepon Perusahaan Keretea Api Deli. Pada tahun 1967, perusahaan telekomunikasi berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan telekomunikasi Nusantara yang meliputi proyek gelombang mikro lintas Sumatra, dan gelombang mikro lintas Indonesia Timur. Pada tanggal 9 Juli 1976, Indonesia kemudian meluncurkan satelit palapa. Dan dimulailah babak baru perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang bergerak sangat cepat dan pesat sejak diluncurkannya satelit ini.

Indonesia mulai mengenal internet pada tahun 1990-an. Pengguna internet pertama di Indonesia pada tahun 1988 menggunakan CIX (Inggris) dan Compurserve ( AS) untuk mengakses internet. Internet pun saat ini semakin sering digunakan dan semakin berkembang dengan pesat.

2.          Teknologi informasi pada masa kini. 

 Saat ini, kita telah memasuki era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Di Indonesia pun informasi-informasi dari berbagai belahan dunia sudah dapat diakses dengan cepat dan mudah. Fasilitas internet  telah mengubah paradigma masyarakat menjadi semakin modern dan praktis. Internet saat ini semakin mudah diakses. Selain fasilitas warnet yang semakin banyak, orang-orang juga dapat mengakses internet melalui PC atau laptopnya di rumah, atau dengan memanfaatkan fasilitas hotspot, atau bahkan dengan menggunakan handphone.

Tidak hanya itu, internet saat ini telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, bisnis, kemiliteran, dan berbagai bidang lain. Pemerintah Indonesia telah menjadikan internet sebagai salah satu bagian penting dalam berbagai bidang. Dengan memanfaatkan internet, Indonesia telah melakukan satu langkah maju untuk semakin berkembang dan maju pada masa yang akan datang.

3.          Teknologi Informasi pada masa yang akan datang.

Melihat perkembangan teknologi  informasi saat ini, berbagai prediksi tentang perkembangan teknologi semakin banyak diutarakan. Namun, tentunya ada berbagai faktor yang akan mempengaruhi perkembangan teknologi informasi tersebut. Baik mendukung ataupun menghambat perkambangan tersebut. Hal-hal seperti kemampuan finansial pemerintah dan keterjangkauan daerah-daerah pelosok akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi tersebut. Pada masa lalu, telah banyak tokoh-tokoh yang mengungkapkan prediksinya tentang perkembangan teknologi informasi.

Seperti apa yang dikatakan Mason R. (1994) yang berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Namun, teknologi tetap akan memperlebar jurang antara di kaya dan si miskin. Atau hal yang diungkapkan oleh Tony Bates (1995) bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Yang jelas, apapun yang akan terjadi, teknologi informasi masih akan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Di Indonesia khususnya, di seluruh penjuru dunia secara umumnya.

Belakangan peranan IT dalam jasa transportasi pun sudah dapat kita rasakan. Sebagai contoh adanya kartu khusus yang dikeluarkan oleh beberapa bank swasta yang dapat kita gunakan untuk membayar tol, membeli bahan bakar, pembelian tiket busway, dan kereta.
Dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkat perguruan tinggi, pemanfaatan IT diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan ini dilakukan dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik bagi komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Cotoh Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan.

Dengan adanya perkembangan IT yang begitu pesat, juga harus diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh karena tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan. Banyak situs porno yang makin marak beredar. Contoh lain adalah “demam” situs pertemanan yang tak jarang disalahgunakan. Hingga transaksi jual beli gadis lewat dunia maya. Hal ini tentu dapat mempengaruhi perkembangan anak dan remaja di negara kita. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar dampak negatif dari IT dapat dikurangi. Karena remaja sekarang cenderung menggunakan Teknologi ke arah negatif, dan hal itu disebabkan jiwa mereka yang masih labil dan perlunya pendidik serta pembimbing untuk mengarahkan mereka ke arah yang benar sehinga dapat memajukan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Banyak manfaat yang dapat saya rasakan dengan adanya perkembangan IT diantaranya membantu saya dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah, dengan mudah mentransfer uang, menambah teman melalui jejaring sosial, berkomunikasi dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu, dengan berkembangnya IT maka dapat memajukan perekonomian Indonesia, sekarang juga terdapat bisnis online, transaksi melalui internet, serta banyak lagi manfaat yang lainya.

Demikian uraian penulis tentang perkembangan IT di Indonesia beserta kronologi perkembangannya dan juga ulasan tentang dampak positif dan negatif perkembangan IT ke depannya terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

http://rythasartika.blogspot.com/

Puisi Cinta Sang Anak Untuk Ayah


Adzan subuh berkumandang
Kau terbangun tebarkan harapan
Sesuap nasi kau pertaruhkan
Demi keluarga banting tulang
Tetesan keringat basahi raga
Raga berhiaskan lelah kau hiraukan
Demi keluarga kau pertaruhkan
Jasa mulia penuh kasih sayang
Mentari tenggelam ku harap kau datang
Pelukan erat tubuh yang lelah
Namun senyummu penuh anugrah
Untuk keluarga yang ada di rumah
Dengkur tidur hilangkan lelah
Lelahnya diri mencari nafkah
Anugrah terindah untukmu ayah
Kau tulang punggung keluarga di rumah
- See more at: http://puisi.info/puisi-cinta-sang-anak-untuk-ayah.html#sthash.2nzHWGiR.dpuf

Puisi Cinta Sang Anak Untuk Ayah


Adzan subuh berkumandang
Kau terbangun tebarkan harapan
Sesuap nasi kau pertaruhkan
Demi keluarga banting tulang
Tetesan keringat basahi raga
Raga berhiaskan lelah kau hiraukan
Demi keluarga kau pertaruhkan
Jasa mulia penuh kasih sayang
Mentari tenggelam ku harap kau datang
Pelukan erat tubuh yang lelah
Namun senyummu penuh anugrah
Untuk keluarga yang ada di rumah
Dengkur tidur hilangkan lelah
Lelahnya diri mencari nafkah
Anugrah terindah untukmu ayah
Kau tulang punggung keluarga di rumah
- See more at: http://puisi.info/puisi-cinta-sang-anak-untuk-ayah.html#sthash.2nzHWGiR.dpuf

Wednesday 16 October 2013

Anak Kos_an Pengen Pulkam


Awalnya sih  judul cerita ini bakalan ku jadiin sebuah cerpen untuk lomba yang bertema  “FESTIVAL SEMARAK BULAN RAHASIA”. Tapi, berhubung aku anak kos-kosan yang di awal bulan aja udah miskin mintak ampun, gagal lah rencana itu. Jadi, untuk memenuhi hasrat yang berkobar-kobar dalam jiwaku, aku pun memutuskan untuk cuap-cuapan di blog aja.

            Next>> ini ceritanya....
Hari Sabtu tanggal 12 oktober 2013 merupakan salah satu hari bersejarah bagi anak UMM alias univeritas muhammadiyah malang. Usut punya usut, dihari itu pembukaan “Student Day” yang wajib diikuti oleh Maba dan harus menghadapi rintangan berupa jalan sehat yang menyebabkan sakit pegal linu, keram dan kesemutan, ples haus dan lapar (karena aku mengalaminya). Katanya jalan sehat tu menempuh jarak 4,5 km.  Say waw.....
Ada salah satu kabar yang sangat membahagiaan di acara ini, berhubung hari selasa tanggal 15 oktober hari raya idul adha, so pasti kelas ku diliburin sampe hari rabu. Aku nggak tau ya kelas kalian. J
Mari tinggalkan cerita Student Day.

Setelah sampai di kos >>> Jln Tirto Utomo Gang 3b
Malam hari, lebih tepatnya lagi malam mingguan ala anak kos-kosan. Banyak hal yang kami (aku, anis j dan dika) ceritakan. Mulai dari cewek cantik yang cakep, kisah masa muda kami ( masa muda = masa SMA ke bawah), and yang paling asik dikenang adalah kisah Dika jatuh dari tangga yang membawa leptop baru kebesarannya pas mati lampu.
Tok,tok,tok,,
Anis p datang membuyarkan candaan kami.  Ntah dari mana awalnya hingga kami bermain game berjudul POU. POU adalah sebuah game yang diberikan oleh HP samsung. POU sendiri memiliki banyak jenis permainan yang aku sendiri nggak tau nama setiap jenis permainan tersebut. Karena,HP ku bukan samsung coy. Double anis (j dan p) adalh korban pengguna samsung. 


                         Lia dan Dika
                               
                                 VS

                                               Anis j dan Anis p


                      dan merebutkan

 
To the point aja lah, Aku dan Dika sekubu menggunakan hp Anis p untuk melawan double Anis. Permainan dimulai dengan kehusyukan para pemainnya untuktidak tertawa. Tapi, kalo main POU nggak ketawa, sensasinya kurang mamen. Musik POU dikumandangkan dengan jelasoleh kedua hp samsung tersebut. Di tengah-tengah permainan double anis game over yang diiuti oleh aku n dika. Aku bertanya pada sang double, berapa skor kalian??? Double menjawab 594. Dengan senang dan semangat 45 aku berkata kepada dika >>> Ka kita menang, skor kita 771. Double Anis dan dika terdiam sejenak dan terawa terpingkal-pingkal. Aku heran dong yah kok tiba-tiba diketawain gitu. Eh ternyata aku salah denger, skor doube Anis 1594. Gubrakkkk,, aku langsung mengeluarkan muka masam yang diikuti tertawa mereka bertiga lagi,, Malunya. Batre abiss (permainan POU berahir).

            Bip bip bip,,
Hp anis p berdering, sang kakak menyuruhya untuk pulang makan ( kosan kakaknya anis 3 langkah dari kosan kami J ). Aku pulang dulu ye said Anis p. Serempak q,anis j n dika mengatakan Oke, ati-ati dijalan. Dengan riang gembira Anis p berlari menuruni tangga dan membuka pintu dan tiba-tiba sudah ada dihadapan kami lagi. Kami bertiga bengong dan mengatakan>> ada apa, kok balik lagi???
Anis p menjawab pintunya dikunci, bukain.
Dengan ekspresi datar dan lucu kami pun tertawa terbahak-bahak.

>>>> to be continued

Wednesday 2 October 2013

About UMM

 http://www.umm.ac.id
nenashahnaz.wordpress.com


Welcome to “The White Campus” University of Muhammadiyah Malang (UMM). A leading campus with A accreditation from BAN-PT, which is very exotic, was built in the area which is suitable with the topography of hills, valleys, and rivers. The land is overgrown with lots of greenery and is split by Berantas River. The campus is green, lovely, picturesque, shady and certainly comfortable for studying.



UMM was found in 1964 in Malang, East Java, about 98 kilometers south of Surabaya. Malang is a hilly city surrounded by four mountains: Panderman, Arjuno, Kawi and Semeru. Being 550 metres above sea level, Malang has a cool climate which ranges from 23.370C – 30.010C. With these conditions, Malang is well known as a City of Flower and City of Education. Owing to these conditions, many students from other parts of Indonesia and overseas prefer to study in Malang.


UMM has three campuses in which the locations are strategic and accessible via land, air, and sea transportation. Currently, over 26.500 students from the all study programs, both domestic and foreign are studying at UMM. Our foreign students are from various countries such as Australia, Singapore, Malaysia, Saudi Arabia,East Timor, Europe, and America. The faculties at UMM are 10 faculties and 1 Postgraduate Program with the total of study programs are: 3 for Diploma Degree (D3), 34 for Bachelor Degree (S1), 7 programs at Postgraduate (S2), 2 Doctoral Programs (S3), and 2 Profession Programs.


UMM has cooperated with many parties, both with national and international institution. The in progress international relations are: Erasmus Mundus, ACICIS, Peace Corps America, BGP Engineering Netherland, AMINEF, AIESEC, EESTEC, USAID, AUSAID, American Corner, Iran Corner, etc.


As a leading private university, UMM had got admittance from external parties; those are: A accreditation from BAN-PT (2013), Two Stars from QS Star, KNAPP Accredited, Accredited from MTD Registered Public Accountants, Accredited from NQA Global Assurance, etc. Moreover, the achievements of UMM are: winning Leading Campus Award (AKU) East Java since 2008, winning AKU Kartika kopertis VII East Java as the Leading Campus in East Java, Runner Up of Adi Upaya Puritama IInd Class (for Rusunawa), Runner Up of ASEAN Energy Award, 18th rank of Indonesia Level at Webometrics (has ever got 8th rank), 5th rank of International Level at Rich Files Content webometrics, 5th rank of Indonesia Level for Repository webometrics, 19th rank of Indonesia 4icu, , rank 22 TesCa-Telkom, etc.  UMM also got an award from USA Government as the Host of Peace Corps USA starting from 2010.


            In term of facility, UMM has provided the necessary equipments either academic facility, non academic facility, public facility, and recreational facility to support students comfort in their studies. Thus, the learning-teaching and administration processes are supported by the adequate ICT facilities and management information system. As a result, the teaching-learning processes at UMM are known as being efficient, up-to-date and student friendly.


Welcome to UMM. Welcome to Digital Campus. Welcome to our website to be acquainted further with UMM. Have a good browsing in our virtual world.



http://www.umm.ac.id/page.php?lang=en&c=99

Kronologi Histori Sejarah Dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan

http://www.umm.ac.id
nenashahnaz.wordpress.com
Kebudayaan manusia ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara cepat yang merupakan akibat peran serta pengaruh dari pemikiran filsafat Barat. Pada awal perkembangannya, yakni zaman Yunani Kuno, filsafat diidentikkan dengan ilmu pengetahuan. Maksudnya adalah antara pemikiran filsafat dan ilmu pengetahuan tidak dipisah, sehingga semua pemikiran manusia yang muncul pada zaman itu disebut filsafat. Pada abad Pertengahan, filsafat menjadi identik dengan agama, sehingga pemikiran filsafat pada zaman itu menjadi satu dengan dogma gereja. 

Pada abad ke-15 muncullah Renaissans kemudian disusul oleh Aufklaerung pada abad ke-18 yang membawa perubahan pandangan terhadap filsafat. Pada masa ini filsafat memisahkan diri dari agama, sehingga membuat orang berani mengeluarkan pendapat mereka tanpa takut akan dikenai hukuman oleh pihak gereja. Filsafat zaman modern tetap sekuler seperti zaman Renaissans, yang membedakan adalah pada zaman ini ilmu pengetahuan berpisah dari filsafat dan mulai berkembang menjadi beberapa cabang yang terjadi dengan cepat. Bahkan pada abad ke-20, ilmu pengetahuan, mulai berkembang menjadi berbagai spesialisasi dan sub-spesialisasi.

Ilmu pengetahuan pada awalnya merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk mengetahui keadaan lingkungan disekitanya. Selain itu, ilmu pengetahuan juga diciptakan untuk dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Pada abad ke-20 dan menjelang abad ke-21, ilmu telah menjadi sesuatu yang substantif yang menguasai kehidupan manusia. Namun, tak hanya itu, ilmu pengetahuan yang sudah berkembang sedemikian pesat juga telah menimbulkan berbagai krisis kemanusiaan dalam kehidupan. Hal ini didorong oleh kecenderungan pemecahan masalah kemanusiaan yang lebih banyak bersifsat sektoral. Salah satu upaya untuk menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan yang semakin kompleks tersebut ialah dengan mempelajari perkembangan pemikiran filsafat.

Perkembangan filsafat Barat dibagi menjadi beberapa periodesasi yang didasarkan atas ciri yang dominan pada zaman tersebut. Periode-periode tersebut adalah :

1. Zaman Yunani Kuno (Abad 6SM-6M)
Ciri pemikirannya adalah kosmosentris, yakni mempertanyakan asal usul alam semesta dan jagad raya sebagai salah satu upaya untuk menemukan asal mula (arche) yang merupakan unsur awal terjadinya gejala. Dan beberapa tokoh filosof pada zaman ini menyatakan pendapatnya tentang arche, antara lain :

·  Thales (640- 550 SM)             :  arche berupa air
·  Anaximander (611-545 SM)   :  arche berupa apeiron (sesuatu yang tidak terbatas)
·  Anaximenes (588-524 SM)     :  arche berupa udara
·  Phytagoras (580-500 SM)       :  arche dapat diterangkan atas dasar bilangan-bilangan.

Selain keempat tokoh di atas ada dua filosof, yakni Herakleitos (540-475 SM) dan Parmindes (540-475 SM) yang mempertanyakan apakah realitas itu berubah, bukan menjadi sesuatu yang tetap. Pemikir Yunani lain yang merupakan salah satu yang berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan adalah Demokritos (460-370 SM) yang menegaskan bahwa realitas terdiri dari banyak unsur yang disebut dengan atom (atomos, dari a-tidak, dan tomos-terbagi). 

Selain itu, filosof yang sering dibicarakan adalah Socrates (470-399 SM) yang langsung menggunakan metode filsafat langsung dalam kehidupan sehari-hari yang dikenal dengan dialektika (dialegesthai) yang artinya bercakap-cakap.  Hal ini pula yang diteruskan oleh Plato (428-348 SM). Dan pemikiran filsafat masa ini mencapai puncaknya pada seorang Aristoteles (384-322 SM) yang mengatakan bahwa tugas utama ilmu pengetahuan adalah mencari penyebab-penyebab obyek yang diselidiki. Ia pun berpendapat bahwa tiap kejadian harus mempunyai empat sebab, antara lain penyebab material, penyebab formal, penyebab efisien dan penyebab final.

2. Zaman Pertengahan (6-16M)
Ciri pemikiran pada zaman ini ialah teosentris yang menggunakan pemikiran filsafat untuk memperkuat dogma agama Kristiani. Pada zaman ini pemikiran Eropa terkendala oleh keharusan kesesuaian dengan ajaran agama. Filsafat Agustinus (354-430) yang dipengaruhi oleh pemikiran Plato, merupakan sebuah pemikiran filsafat yang membahas mengenai keadaan ikut ambil bagian, yakni suatu pemikiran bahwa pengetahuan tentang ciptaan merupakan keadaan yang menjadi bagian dari idea-idea Tuhan. Sedangkan Thomas Aquinas (1125-1274) yang mengikuti pemikiran filsafat Aristoteles, menganut teori penciptaan dimana Tuhan menghasilkan ciptaan dari ketiadaan. Selain itu, mencipta juga berarti terus menerus menghasilkan serta memelihara ciptaan.

3. Zaman Renaissans (14-16M)
Merupakan suatu zaman yang menaruh perhatian dalam bidang seni, filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi. Zaman ini juga dikenal dengan era kembalinya kebebasan manusia dalam berpikir. Tokoh filosof zaman ini diantaranya adalah Nicolaus Copernicus (1473-1543) yang mengemukakan teori heliosentrisme, yang mana matahari merupakan pusat jagad raya. Dan Francis Bacon (1561-1626) yang menjadi perintis filsafat ilmu pengetahuan dengan ungkapannya yang terkenal “knowledge is power

4. Zaman Modern (17-19M)
Filsafat zaman ini bercorak antroposentris, yang menjadikan manusia sebagai pusat perhatian penyelidikan filsafati. Selain itu, yang menjadi topik utama ialah persoalan epistemologi.

a. Rasionalisme
Aliran ini berpendapat bahwa akal merupakan sumber pengetahuan yang memadai dan dapat dipercaya. Pengalaman hanya dipakai untuk menguatkan kebenaran pengetahuan yang telah diperoleh melalui akal. Salah satu tokohnya adalah Rene Descartes (1598-1650) yang juga merupakan pendiri filsafat modern yang dikenal dengan pernyataannya Cogito Ergo Sum (aku berpikir, maka aku ada). Metode yang digunakan Descrates disebut dengan a priori yang secara harfiah berarti berdasarkan atas adanya hal-hal yang mendahului. Maksudnya adalah dengan menggunakan metode ini manusia seakan-akan sudah mengetahui dengan pasti segala gejala yang terjadi.

b. Empirisisme
Menyatakan bahwa sumber ilmu pengetahuan adalah pengalaman, baik lahir maupun batin. Akal hanya berfungsi dan bertugas untuk mengatur dan mengolah data yang diperoleh dari pengalaman. Metode yang digunakan adalah a posteriori atau metode yang berdasarkan atas hal-hal yang terjadi pada kemudian. Dipelopori oleh Francis Bacon yang memperkenalkan metode eksperimen.

c. Kritisisme
Sebuah teori pengetahuan yang berupaya untuk menyatukan dua pandangan yang berbeda antara Rasionalisme dan Empirisme yang dipelopori oleh Immanuel Kant (1724-1804). Ia berpendapat bahwa pengetahuan merupakan hasil yang diperoleh dari adanya kerjasama antara dua komponen, yakni yang bersifat pengalaman inderawi dan cara mengolah kesan yang nantinya akan menimbulkan hubungan antara sebab dan akibat.

d. Idealisme
Berawal dari penyatuan dua Idealisme yang berbeda antara Idealisme Subyektif (Fitche) dan Idealisme Obyektif (Scelling) oleh Hegel (1770-1931) menjadi filsafat idealisme yang mutlak. Hegel berpendapat bahwa pikiran merupakan esensi dari alam dan alam ialah keseluruhan jiwa yang diobyektifkan. Asas idealisme adalah keyakinan terhadap arti dan pemikiran dalam struktur dunia yang merupakan intuisi dasar.

e. Positivisme
Didirikan oleh Auguste Comte (1798-1857) yang hanya menerima fakta-fakta yang ditemukan secara positif ilmiah. Semboyannya yang sangat dikenal adalah savoir pour prevoir, yang artinya mengetahui supaya siap untuk bertindak. Maksudnya ialah manusia harus mengetahui gejala-gejala dan hubungan-hubungan antar gejala sehingga ia dapat meramalkan apa yang akan terjadi. Filsafat ini juga dikenal dengan faham empirisisme-kritis, pengamatan dengan teori berjalan beriringan. Ia membagi masyarakat menjadi atas statika sosial dan dinamika sosial.

f. Marxisme
Pendirinya ialah Karl Marx (1818-1883) yang aliran filsafatnya merupakan perpaduan antara metode dialektika Hegel dan materialisme Feuerbach. Marx mengajarkan bahwa sejarah dijalankan oleh suatu logika tersendiri, dan motor sejarah terdiri hukum-hukum sosial ekonomis. Baginya filsafat bukan hanya tentang pengetahuan dan kehendak, melainkan tindakan, yakni melakukan sebuah perubahan, tidak hanya sekedar menafsirkan dunia. Yang perlu diubah adalah kaum protelar harus bisa mengambil alih peranan kaum borjuis dan kapitalis melalui revolusi, agar masyarakat tidak lagi tertindas.

 5. Zaman Kontemporer (Abad ke-20 dan seterusnya)
Pokok pemikirannya dikenal dengan istilah logosentris, yakni teks menjadi tema sentral diskursus para filosof. Hal ini dikarenakan ungkapan-ungkapan filsafat cenderung membingungkan dan sulit untuk dimengerti. Padahal tugas filsafat bukanlah hanya sekedar membuat pernyataan tentang suatu hal, namun juga memecahkan masalah yang timbul akibat ketidakpahaman terhadap bahasa logika, dan memberikan penjelasan yang logis atas pemikiran-pemikiran yang diungkapkan.

Pada zaman ini muncul berbagai aliran filsafat dan kebanyakan dari aliran-aliran tersebut merupakan kelanjutan dari aliran-aliran filsafat yang pernah berkembang pada zaman sebelumnya, seperti Neo-Thomisme, Neo-Marxisme, Neo-Positivisme dan sebagainya.

http://sophiascientia.wordpress.com/kronologis-historis-sejarah-dan-perkembangan-ilmu-pengetahuan/

Perkembangan IT Di Indonesia

http://www.umm.ac.id
http://rennykomahriah.blogspot.com

            Seiring berkembangnya zaman, sudah tak terasa kita telah hidup di zaman yang penuh dengan kecanggihan dan semuanya serba praktis. Semua orang berlomba-lomba untuk dapat menciptakan hal yang baru dan dapat mempermudah pekerjaanya. Termasuk juga di dalamnya adalah perkembangan IT yang berkembang sangat pesat di dunia, khususnya di negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, dengan memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. informasi yang dimaksudkan adalah informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu, yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Informasi ini juga harus bernilai strategis sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Sekarang ini peranan IT dalam keidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Dengan adanya kemajuan teknologi semakin mempermudah pekerjaan manusia dan serasadunia ada di genggaman kita. Selain itu, perkembangan IT juga sangat cepat, sehingga harus selalu mengikuti perkembangannya.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi ( perangkat keras, perangkat lunak, komputer sistem jaringan, dan sistem telekomunikasi). Untuk membangun fasilitas TI, Indonesia masih sangat mengandalkan investor.

Kalau kita buat kronologi perkembangan IT di Indonesia dari zaman dulu sampai prediksi perkembangan IT di Indonesia yaitu antara lain :

1.          Teknologi Informasi generasi awal.         
       
Di Indonesia pada masa lampau, komunikasi jarak jauh dilakukan dengan surat menyurat. Meskipun belum ada sistem pos, namun system pengiriman surat telah berlangsung sejak lama. Sistem tknologi informasi di Indonesia mulai mengalami perkembangan pada tahun 1855, atau tepatnya pada tanggal 23 Oktober 1855 ketika pemerintah Hindia Belanda membuka saluran telegraf pertama di Indonesia. Sejak saat itu, telegraf mulai banyak digunakan di Indonesia.

Pada tanggal 16 Oktober 1882, jaringan telepon lokal pertama kali digunakan di Indonesia oleh pihak swasta yang mendapat izin konsesi selama 25 tahun. Sejak saat itu, mulai bermunculan perusahaan-perusahaan jaringan telepon di Indonesia. Namun, pada masa awal ini, Perusahaan-perusahaan tersebut hanya membuka hubungan telepon di kota-kota besar saja. Pada tahun 1906, pemerintah pun mengambil alih dan memonopoli semua perusahaan jaringan telepon, kecuali jaringan telepon Perusahaan Keretea Api Deli. Pada tahun 1967, perusahaan telekomunikasi berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan telekomunikasi Nusantara yang meliputi proyek gelombang mikro lintas Sumatra, dan gelombang mikro lintas Indonesia Timur. Pada tanggal 9 Juli 1976, Indonesia kemudian meluncurkan satelit palapa. Dan dimulailah babak baru perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang bergerak sangat cepat dan pesat sejak diluncurkannya satelit ini.

Indonesia mulai mengenal internet pada tahun 1990-an. Pengguna internet pertama di Indonesia pada tahun 1988 menggunakan CIX (Inggris) dan Compurserve ( AS) untuk mengakses internet. Internet pun saat ini semakin sering digunakan dan semakin berkembang dengan pesat.

2.          Teknologi informasi pada masa kini. 

 Saat ini, kita telah memasuki era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Di Indonesia pun informasi-informasi dari berbagai belahan dunia sudah dapat diakses dengan cepat dan mudah. Fasilitas internet  telah mengubah paradigma masyarakat menjadi semakin modern dan praktis. Internet saat ini semakin mudah diakses. Selain fasilitas warnet yang semakin banyak, orang-orang juga dapat mengakses internet melalui PC atau laptopnya di rumah, atau dengan memanfaatkan fasilitas hotspot, atau bahkan dengan menggunakan handphone.

Tidak hanya itu, internet saat ini telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, bisnis, kemiliteran, dan berbagai bidang lain. Pemerintah Indonesia telah menjadikan internet sebagai salah satu bagian penting dalam berbagai bidang. Dengan memanfaatkan internet, Indonesia telah melakukan satu langkah maju untuk semakin berkembang dan maju pada masa yang akan datang.

3.          Teknologi Informasi pada masa yang akan datang.

Melihat perkembangan teknologi  informasi saat ini, berbagai prediksi tentang perkembangan teknologi semakin banyak diutarakan. Namun, tentunya ada berbagai faktor yang akan mempengaruhi perkembangan teknologi informasi tersebut. Baik mendukung ataupun menghambat perkambangan tersebut. Hal-hal seperti kemampuan finansial pemerintah dan keterjangkauan daerah-daerah pelosok akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi tersebut. Pada masa lalu, telah banyak tokoh-tokoh yang mengungkapkan prediksinya tentang perkembangan teknologi informasi.

Seperti apa yang dikatakan Mason R. (1994) yang berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Namun, teknologi tetap akan memperlebar jurang antara di kaya dan si miskin. Atau hal yang diungkapkan oleh Tony Bates (1995) bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Yang jelas, apapun yang akan terjadi, teknologi informasi masih akan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Di Indonesia khususnya, di seluruh penjuru dunia secara umumnya.

Belakangan peranan IT dalam jasa transportasi pun sudah dapat kita rasakan. Sebagai contoh adanya kartu khusus yang dikeluarkan oleh beberapa bank swasta yang dapat kita gunakan untuk membayar tol, membeli bahan bakar, pembelian tiket busway, dan kereta.
Dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkat perguruan tinggi, pemanfaatan IT diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan ini dilakukan dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik bagi komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Cotoh Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan.

Dengan adanya perkembangan IT yang begitu pesat, juga harus diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh karena tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan. Banyak situs porno yang makin marak beredar. Contoh lain adalah “demam” situs pertemanan yang tak jarang disalahgunakan. Hingga transaksi jual beli gadis lewat dunia maya. Hal ini tentu dapat mempengaruhi perkembangan anak dan remaja di negara kita. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar dampak negatif dari IT dapat dikurangi. Karena remaja sekarang cenderung menggunakan Teknologi ke arah negatif, dan hal itu disebabkan jiwa mereka yang masih labil dan perlunya pendidik serta pembimbing untuk mengarahkan mereka ke arah yang benar sehinga dapat memajukan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Banyak manfaat yang dapat saya rasakan dengan adanya perkembangan IT diantaranya membantu saya dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah, dengan mudah mentransfer uang, menambah teman melalui jejaring sosial, berkomunikasi dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu, dengan berkembangnya IT maka dapat memajukan perekonomian Indonesia, sekarang juga terdapat bisnis online, transaksi melalui internet, serta banyak lagi manfaat yang lainya.

Demikian uraian penulis tentang perkembangan IT di Indonesia beserta kronologi perkembangannya dan juga ulasan tentang dampak positif dan negatif perkembangan IT ke depannya terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

http://rythasartika.blogspot.com/

Puisi Cinta Sang Anak Untuk Ayah


Adzan subuh berkumandang
Kau terbangun tebarkan harapan
Sesuap nasi kau pertaruhkan
Demi keluarga banting tulang
Tetesan keringat basahi raga
Raga berhiaskan lelah kau hiraukan
Demi keluarga kau pertaruhkan
Jasa mulia penuh kasih sayang
Mentari tenggelam ku harap kau datang
Pelukan erat tubuh yang lelah
Namun senyummu penuh anugrah
Untuk keluarga yang ada di rumah
Dengkur tidur hilangkan lelah
Lelahnya diri mencari nafkah
Anugrah terindah untukmu ayah
Kau tulang punggung keluarga di rumah
- See more at: http://puisi.info/puisi-cinta-sang-anak-untuk-ayah.html#sthash.2nzHWGiR.dpuf

Puisi Cinta Sang Anak Untuk Ayah


Adzan subuh berkumandang
Kau terbangun tebarkan harapan
Sesuap nasi kau pertaruhkan
Demi keluarga banting tulang
Tetesan keringat basahi raga
Raga berhiaskan lelah kau hiraukan
Demi keluarga kau pertaruhkan
Jasa mulia penuh kasih sayang
Mentari tenggelam ku harap kau datang
Pelukan erat tubuh yang lelah
Namun senyummu penuh anugrah
Untuk keluarga yang ada di rumah
Dengkur tidur hilangkan lelah
Lelahnya diri mencari nafkah
Anugrah terindah untukmu ayah
Kau tulang punggung keluarga di rumah
- See more at: http://puisi.info/puisi-cinta-sang-anak-untuk-ayah.html#sthash.2nzHWGiR.dpuf
 

pororoVIRGO Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez